Sosialisasi Dengan Gaya Studi Pemerintahan dalam Mengatasi Politik Praktis Di Era 4.0

7

Politik hingga saat ini masih memainkan perannya yang dikendalikan secara langsung oleh penguasa. Politik yang dimaksud bukan hanya saja berskala nasional namun dalam struktur yang paling bawah, yaitu Desa.

Desa merupakan satu kesatuan yang berada di struktur paling bawah dalam struktur kepemerintahan. Peran desa hingga saat ini tidak hanya dipandang sebagai desa adat ataupun sejenisnya. Struktur desa ini dipegang utuh oleh Kepala Desa, Sekertasis Desa hingga perangkat dan aparat desa. Politik yang dimainkan dalam tingkatan tersebut sangat klasik, klasik namun perlu dibahas secara mendalam. Politik dalam perspektif desa sangat melekat pada kepentingan, kekuasaan dalam hal ini adalah dinasti politik serta money politik.

Fenomena-fenomena desa yang telah dikaji melalui asumsi dan di analisis pada saat pelaksanaan sosialiasasi yang diselenggarakan oleh mahasiswa Jurusan Studi Pemerintahan Fakultas Hukum, Pemerintahan dan Sosial Universitas Nahdlatul Ulama Gorontalo membuat satu perbedaan yang fundamental.

Fenomena yang didapatkan tersebut adalah masih kuatnya kepentingan politik yang dibalut dalam perekrutan pemuda dan pemudi dalam menarik simpati untuk mencalonkan diri kembali atau menjadi penguasa berikutnya lagi. Anak muda yang sangat rentan pada kasus ini merupakan alasan mahasiswa Jurusan Studi Pemerintahan Fakultas Hukum, Pemerintahan dan Sosial Universitas Nahdlatul Ulama Gorontalo untuk melakukan sosialisasi dengan tema Peran Pemuda Dalam Mewujudkan Politik Praktis.

Politik praktis adalah sebuah kebutuhan oleh penguasa dalam menjalankan roda pemerintahan dan diperankan langsung oleh penguasa pula berdasarkan asas kepentingan bersama tanpa melihat kasta dan golongan, agama, keluarga, suku serta aturan yang akan diterapkan nanti. Politik praktis merupakan perwujudan dari demokrasi yang sehat berasaskan UU 1945 dan pancasila sebagai ideology Negara. Ujar Audy Anastasya Putri Hariyanto mahasiswa Jurusan Studi Pemerintahan

Namun dalam peran politik praktis tersebut penguasa harus peka terhadap apa yang dibutuhkan oleh masyarakatnya, tanpa mengintervensi golongan tertentu. Tambahnya.

Pemuda-pemudi sebagai regenerasi atau penerus bangsa perlu mendapatkan bimbingan serta harus ikut terlibat dalam pengambilan keputusan tanpa memuat maksud dan tujuan dalam politik praktis atau mengambil hati pemuda-pemudi tersebut agar terpilih kembali menjadi penguasa berikutnya lagi sedangkan kepentingan orang banyak di indahkan.

Peran dari pada pemuda-pemudi dalam politik praktis sangat dibutuhkan, hingganya akan melahirkan demokrasi yang sehat tanpa adanya kepentingan politik yang dimuat di dalamnya. Dan pemuda-pemudi juga harus sadar bahwa mereka harus ikut terlibat dalam pengambilan keputusan yang akan di ambil oleh penguasa.

Leave A Reply

Your email address will not be published.